Kapolres Pulau Taliabu Hadiri Peresmian Pelabuhan Lede, Pulau Taliabu, Siap Beroperasi

TribrataNews_Pulau_Taliabu > Kapolres Pulau Taliabu, AKBP Totok Handoyo, S.I.K menghadiri peresmian beroperasinya Pelabuhan Lede Desa Lede kecamatan Lede kabupaten Pulau Taliabu.26/05

 

Peresmian pelabuhan tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus, ST dan dihadiri oleh Kapolres Pulau Taliabu AKBP Totok Handoyo, S.I.K, Dandim 1510 Sanana Letkol Heru Gunadi, S.IP, Sekda kabupaten Pulau Taliabu Dr. Salim Ganiru serta para tamu undangan.

 

Penyampaian Kadis Perhubungan kabupaten Pulau Taliabu, Hi. Irwan Mansur bahwa Pelabuhan Lede tercatat dalam Keputusan Menteri Perhubungan KP 432 Tahun 2017 Tentang Rencana Induk Pembangunan Nasional.

 

Pelabuhan Lede merupakan pelabuhan pengumpan lokal yang menglami rusak berat hanya tersisa pondasi cause way oleh karena itu melalui kebijakan Bupati Pulau Taliabu telah membuat program untuk merehabilitasi melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022.

 

  Jenis kegiatan pembangunan ini terdiri dari :

 

1) Rehabilitasi Cause Way dengan nilai kontrak Rp. 942.121.684

 

2) Rehabilitasi Trestle dengan nilai kontrak Rp. 1.357.710.115.

 

3) Rehabilitasi Dermaga dengan nilai kontrak Rp. 3.218.888.382

 

4) Rehabilitasi Gedung Terminal dengan Nilai Kontrak Rp. 1.422.359.410

 

5)  Rehabilitasi Kelengkapan Dermaga dengan nilai Rp. 330.000.000

 

Sehingga Total Anggaran Rehabilitasi Pelabuhan Lede adalah sebesar Rp. 7.271.079.591 (tujuh miliyar, dua ratus tujuh puluh satu juta, tujuh puluh sembilan ribu rupiah).

Sementara itu, Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus, ST mengatakan. Hari ini, Pelabuhan Lede yang terletak di tanjung laleo kecamatan Lede sudah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dimana pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari, menyeberang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, meningkatkan konektivitas antar kecamatan dan antar kabupaten.

 

Untuk memperlancar konektivitas ini, kementerian perhubungan dengan menggunakan dana alokasi khusus (dak) tahun 2022, memberikan anggaran kepada pemerintah pulau taliabu melalui dinas perhubungan untuk membangun beberapa pelabuhan diantaranya Pelabuhan Lede yang sesaat lagi akan diresmikan.

 

Proses pembangun yang kita lakukan saat ini menang secara bertahap demi memenuhi kebutuhan masyarakat Pulau Taliabu. Untuk itu, keberadaan pelabuhan ini sangat penting. Karena selama ini kita lihat masyarakat harus antrian untuk naik keatas kapal dengan menggunakan papan sebagai tempat pijakan.

 

Namun. Allhamdulilah dengan selesainya tahapan pekerjaan sampai proses persemian Prlabuhan lede ini, kapal akan lebih mudah bersandar dan masyarakat juga mudah untuk berlalu lalang ke atas kapal dengan tentunya memperhatikan standar keselamatannya.

Pada kesempatan ini juga saya, menyampaikan bahwa moment persemian ini merupakan moment luar biasa dan insyallah menjadi rahmat bagi kita semua, karena setelah diresmikan tentunya para tamu allah atau calon jamaah haji asal pulau taliabu akan bersandar di pelabuhan lede, setelah meninggalkan pelabuhan bobong.

 

Maka saya berharap, dengan beroperasinya pelabuhan dan ini, akan mendukung segala aspek kehidupan masyarakat terutama keberadaan destinasi pariwisata di tanjung laleo dengan hamparan pasir putihnya dan tentunya diharapkankepada masyarakat untuk menjaganya dengan baik.

 

Dalam kesempatannya Kapolres Pulau Taliabu, AKBP Totok Handoyo, S.I.K mengatakan, patut kita panjatkan puji syukur Kehadirat Tuhan YME pada hari ini kita launcing untuk operasional Pelabuhan Lede. Kegiatan ini bukan menjadi akhir tapi menjadi awal dari tugas yang menjadi tanggungjawab bersama, dari sisi keamanan kami akan terus bangun komunikasi dengan stakeholder maupun masyarakat sekitar Pelabuhan ini, sehingga dapat membawa dampak positif dan terjamin keamanannya. Ungkapnya.

Lebih baru Lebih lama