Kapolsek Taliabu Barat Hadiri Lokakarya Mini, Ini Katanya

TribrataNews_Polres_Pulau_Taliabu >  Kapolsek Taliabu Barat Ipda Faisal Batjo, S.H menghadiri kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor di Kantor Desa Bobong kecamatan Taliabu Barat kabupaten Pulau Taliabu. 21/06

 

Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) kabupaten Pulau Taliabu.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis P2KB, Kabid P2KB, Camat Taliabu Barat, Kapolsek Taliabu Barat, yang mewakili Danramil Bobong dan para Kader BKB se kecamatan Taliabu Barat.

 

Dalam sambutan Camat Taliabu Barat, Hadini Najiri mengatakan bahwa kegiatan ini adalah rutin dilaksanakan setiap bulan oleh dinas P2KB  kemudian kita akan memabahas soal stunting, tidak asing lagi ini bukan hal yang baru lagi di Kabupaten Pulau Taliabu.

 

Awalnya kasus stunting yang ada di Kab. Pulau Taliabu merupakan kasus tertinggi di Provinsi Maluku Utara, namun atas Kerja keras kita bersama sehingga angka stunting menurun begitu jauh. saya selaku Kepala Pemerintahan Kecmatan Taliabu Barat mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu sekalian. Kemudian terkait dengan anak-anak, Kita jangan sala mendidik anak mulai dari kecil hingga dewasa, kemudian dengan adanya kegiatan loka karya mini ini menjadi salah satu pengetahuan untuk kita dan bisa terapkan dirumah dan dapat di sampaikan kepada tetangga.

 

Kadis P2KB Jasman Sao, sebelum ia membuka kegiatan tersebut mengatakan. Terkait TPK, P2KB dan Sub P2KD, Kab. Pulau taliabu dapat menurunkan angka kasus stunting dan ini menjadi acuan bagi kabupaten lain, sehingga hal ini perlu di apresiasi. Kami juga meminta kepada pak Camat, Kapolsek dan Danramil agar dapat membantu kami dalam mengawal kegiatan ini, kemudian semua ini tidak terlepas dari peran bapak ibu semua di lapangan, sehingga marilah kita berbuat agar kasus stunting ini dapat menurun. Kemudian saya juga menghimbau kepada para kader stunting untuk segera menyampaikan kepada kami jika ada hal ataupun kendala di lapangan yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

 

Sementara itu Sambutan Kabid P2KB Kab. Pulau Taliabu Nurhaida, Skm bahwa peran dari TPK juga akan dibantu oleh pihak lain, seperti dari penggerak PKK, Puskesmas, Kader BKB, Pemerintah Desa/Kelurahan, Pemerintah Kabupaten/Kota.

 

Selain untuk mengembangkan sumber daya dan pangan lokal di daerah untuk memenuhi gizi anak-anak dan ibu-ibu hamil. TPK ini ada insentifnya, namun jangan dilihat dari nilainya tapi bagaimana melakukan pendampingan di lapangan. Setelah melakukan Posyandu, ibu pendamping harus mendata kembali target yang menjadi tanggung jawab, jika memang tidak datang kembali ke Posyandu.

 

Kami telah melakukan kegiatan lokakarya mini di kecamatan lain dan terdapat keluhan terkait pendampingan, terdapat beberapa pendamping yang tidak aktif namun mendapatkan insentif. Elsimil adalah aplikasi yang dikembangkan BKKBN bersama Kementerian Agama untuk pencegahan stunting dari hulu dan mulai diberlakukan sejak awal 2022. Elsimil akan melakukan penilaian otomatis untuk menentukan apakah kondisi calon pengantin perempuan siap untuk hamil dan melahirkan.

 

Kapolsek Taliabu Barat Ipda Faisal Batjo, S.H mengatakan untuk kegiatan lokakarya mini, walaupun kegiatan ini dilasanakan setiap bulan, jangan menganggap hal ini kegiatan biasa.

 

“Jadi, kendala-kendala dilapangan harus disampaikan karena biasanya koordinasi dengan tingkat yang sama sangat sulit, jangan sampai kendala tersebut dapat menghambat kegiatan dilapangan. Lokakarya ini fokus pada penurunan angka stunring yang dilakukan bahkan di seluruh Provinsi di Indonesia” ungkapnya

 

“Untuk penurunan angka stunting di Kab. Pulau Takiabu paling signifikan di antara kab. yang lain, kedepanya apa yang menjadi target pemerintah bisa tercapai, sehingga jika angka stunting menurun, maka ekonomi masyarakat meningkat dan masyarakat sejahtera” tutupnya. Rabu 21/06/2023

Lebih baru Lebih lama