Kapolres Pulau Taliabu Ucapkan Selamat Atas Peresmian Gedung Pengadilan Negeri Kelas II Bobong

Kepala Kepolisian Resor Pulau Taliabu, AKBP Totok Handoyo, S.I.K hadiri peresmian gedung Pengadilan Negeri kelas II Bobong, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. 15/01/2024

 

Hadir dalam kesempatan tesebut, Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus, S.T, Kapolres Pulau Taliabu AKBP Totok Handoyo, S.I.K 2, Kepala Kejaksaan Negeri Bobong, Alfred Palulungan, S.H., M.H, Ketua DPRD Kab. Pulau Taliabu Hj. Meilan Mus dan seluruh stakeholder terkait.

 

Adapun sambutan Ketua Pengadilan Kab. Pulau Taliabu Suhendra Saputra S.H,.M.H. Tugas pertama saya menginjakan kaki di Kab. Pulau Taliabu Adalah bagaimana secepatnya akan memberdirikan Kantor PN maka dari itu saya mencari Lahan dulu dan setelah itu mengurus hibah tanahnya.

 

Atas bantuan Bapak Bupati 2022 cair anggaran pertama dan kami langsung melakukan Peletakan batu Pertama dan pada tahun 2023 anggaran untuk pembangunan keluar dan laksanakan dikerjakan serta pada hari ini kita akan meresmikan hari ini.

 

“ Meningkatkan kami  pos Bakum. Kami punya layanan untuk masyarakat kab. Pulau Taliabu mulai dari konsultasi, bantuan hukum dan lain-lainya” ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa salah satu tugas pokok kami PN yaitu : 1 Menerima perkara, 2. Memproses perkara dan ke 3  Menyelesaikan perkara.

 

Program hukum terpadu kami akan berkordinasi dengan Kejaksaan dan Polres agar bisa turun ke Masyarakat yang ada di Desa-Desa untuk melaksanakan sosialisasi tentang hukum yang akan dilakukan oleh para Hakim-hakim kami yang ada disini.

 

Sementara itu Hi. Aliong Mus, ST mengungkapkan bahwa atas nama pemerintah daerah serta masyarakat kabupaten Pulau Taliabu mengucapkan selamat kepada pengadilan negeri bobong atas penempatan gedung baru, yang berdiri megah di diantara gedung-gedung forkopimda lainnya, seperti kantor DPRD Pulau Taliabu Mako Polres Pulau Taliabu, kantor kejaksaan Pulau Taliabu.

 

“ Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan pihak mahkama agung RI dan pengadilan Negeri Bobong yang memberikan kepercayaan kepada saya selaku Bupati Pulau Taliabu untuk meresmikan penggunaan kantor pengadilan negeri bobong, ini adalah suatu penghormatan bagi saya selaku kepala daerah serta masyarakat Pulau Taliabu” ucapnya

Lanjut Bupati Pulau Taliabu. Terbentuknya pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan pengadilan di suatu daerah yang wilayah administrasinya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan.

 

Kendala geografis di wilayah-wilayah tertentu seringkali menyulitkan para pencari keadilan untuk datang langsung kepengadilan, baik karena jarak antara pengadilan, dengan tempat tinggal dan para pencari keadilan yang sangat jauh atau disebabkan karena kondisi alam yang sulit dilalui oleh alat transportasi, baik darat, laut maupun udara, sehingga pada daerah daerah tertentu untuk bisa sampai ke pengadilan.

 

Kapolres Pulau Taliabu AKBP Totok Handoyo, S.I.K mengucapkan selamat atas terbentuknya dan digunakannya gedung kelas II Pengadilan Negeri Bobong.

 

“Semoga kedepan kerjasama antar Polres Pulau Taliabu dan Pengadilan Negeri Bobong terus terjalin khususnya dalam menangani segala perkara yang terjadi di kabupaten Pulau Taliabu. Sekali lagi saya ucapkan selamat” tutur Kapolres Pulau Taliabu.

Lebih baru Lebih lama