Kawal dan Amankan Pemilu 2024, Kapolres Pulau Taliabu Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu tahun 2023-2024, Polres Pulau Taliabu melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di halaman Mapolres Pulau Taliabu. 17/10

 

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pulau Taliabu AKBP Totok Handoyo, S.I.K. Dalam amanat Kapolres menyebutkan bahwa Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

 

“Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sd. 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu” ungkapnya

 

Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah/ zonasi bagi personel Korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara, dimana untuk Korps Brimob Polri terbagi dalam 4 wilayah sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam 7 zonasi,” sebut Kapolres saat membacakan amanat Kapolri.

Kapolres juga menambahkan bahwa kegiatan apel gelar pasukan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Selain itu untuk kesiapan pengamanan Pemilu Polres Pulau Taliabu sendiri telah menyiapkan sebanyak 100 personel.

 

“Berdasarkan indeks kerawanan pemilu bawaslu, terdapat 5 provinsi dan 85 kabupaten/kota berkategori kerawanan tinggi, serta berdasarkan indeks kerawanan pemilu tahap III Polri terdapat 2 provinsi dan 1 kabupaten/kota berkategori sangat rawan. Bagi wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera lakukan langkah antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lainnya, jangan under estimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin” pungkasnya.

 

Selain itu dirinya juga telah menyurat ke Polda untuk meminta penambahan pasukan guna menutupi kekurangan personel.

 

Diketahui, turut hadir Bupati Pulau Taliabu, Hi. Aliong Mus, ST, Dandramil 1510 Bobong Kapten Inft. Awad Mandjeng, PJU Polres Pulau Taliabu, Ketua Pengadilan Negeri Bobong Suhendra Saputra, SH.MH, Kasiedatun Kejakasan Pulau Taliabu Rinto Hasan, SH, Anggota KPU / Divisi Perencanan Data dan Informasi Aksa Puko, S.S serta stakeholder terkait.


Peserta apel diikuti oleh Pers Koramil 1510 Bobong, seluruh personel Polres Pulau Taliabu, Satpol PP, Dishub, Damkar, Senkom Mitra Polri dan Linmas.

Lebih baru Lebih lama