Memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polda Maluku Utara Gelar Upacara Tabur Bunga di Laut


Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, Kepolisian Daerah Maluku Utara menggelar upacara tabur bunga di laut pada Senin (24/6/2024). Acara ini berlangsung di Dermaga Utara Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate dan dipimpin oleh Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K sebagai inspektur upacara.


Upacara ini dihadiri juga oleh Wakapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Samudi, S.I.K., M.H, Irwasda Polda Maluku Utara Kombes Pol. Murry Mirranda, S.I.K, serta pejabat utama Polda Maluku Utara. Tidak hanya itu, para tamu undangan dan personil Polda Malut yang terlibat juga turut hadir dalam upacara ziarah tabur bunga di laut tersebut.


Kabid Humas Polda Malut, Akbp Bambang Suharyono, S.I.K., M.H, menjelaskan bahwa upacara tabur bunga di laut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Bhayangkara Ke-78 tahun 2024. Selain upacara tabur bunga, kegiatan lain yang dilakukan adalah ziarah ke Taman Makam Pahlawan Banau, sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur.


Rangkaian kegiatan upacara tersebut dimulai dengan masuknya komandan upacara ke tempat upacara, diikuti dengan kedatangan inspektur upacara. Setelah itu, komandan upacara melaporkan kepada inspektur upacara, dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh komandan upacara. Mengheningkan cipta juga dilakukan, dipimpin oleh inspektur upacara, sebelum pelabuhan karangan bunga oleh inspektur upacara.


Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga di laut oleh Kapolda, Wakapolda, para pejabat utama Polda Maluku Utara, serta para tamu undangan. Proses tabur bunga dilakukan menggunakan Kapal Patroli Cepat Kie Besi XXX-2016, yang membawa rombongan menuju lokasi di laut tempat tabur bunga dilakukan. 


Upacara tabur bunga di laut ini merupakan simbol penghormatan dan penghargaan Kepolisian Daerah Maluku Utara terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam menjalankan tugas demi bangsa dan negara. Kegiatan ini juga merupakan refleksi dari nilai-nilai luhur yang terus dijunjung tinggi oleh institusi kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Lebih baru Lebih lama