Polda Malut Bagikan Tips Aman Dan Lancar Mudik Idul Fitri

Maluku Utara - Menjelang hari raya Idul Fitri, semangat mudik masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman semakin meningkat. Namun, keselamatan dan kelancaran perjalanan menjadi prioritas utama dalam momen yang penuh kegembiraan.

 

Kapolda Maluku Utara, melalui Kabidhumas Polda Malut, AKBP Bambang Suharyono, S.I.K., M.H., pada Selasa (2/4/2024), memberikan tips penting kepada masyarakat untuk melakukan mudik dengan aman dan lancar. 

 

“hal yang harus diperhatikan, memastikan kondisi fisik dan kendaraan prima sebelum berangkat serta patuh terhadap peraturan lalu lintas”tegasnya.

 

Meskipun demikian, Polri tidak merekomendasikan penggunaan kendaraan roda dua untuk mudik karena spesifikasinya tidak cocok untuk perjalanan jarak jauh. Namun bagi yang tetap memilih roda dua, Polri memberikan saran-saran untuk memastikan keamanan.

 

Diantaranya, pemudik diminta untuk tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan selalu beristirahat saat merasa lelah.

 

Selanjutnya, Tidak berbonceng lebih dari satu orang, patuh terhadap peraturan lalu lintas, serta menghindari membawa barang berlebihan.

 

Selain itu, Kabidhumas juga mengingatkan pentingnya keamanan saat menggunakan kendaraan laut seperti speedboat atau kapal penumpang dengan menjaga barang bawaan dan tidak duduk di tepi kapal.

 

“Dengan mematuhi saran-saran tersebut, diharapkan para pemudik dapat menjalani perjalanan mudik dengan aman, nyaman, dan tanpa hambatan, sehingga momen berkumpul dengan keluarga tercinta dapat dinikmati dengan penuh kebahagiaan”tutupnya.

Lebih baru Lebih lama