Seleksi SIP Angkatan 53 di Malut Masuki Tahap Tes Psikologi: 99 Peserta Memenuhi Syarat Tahap Selanjutnya

Seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 53 T.A. 2024 di tingkat Panitia Daerah (Panda) Malut memasuki tahap tes psikologi, Kamis (14/03/2024).

 

Kegiatan ini berlangsung di beberapa lokasi, termasuk SMP Negeri 2 Kota Ternate, SMA Negeri 1 Kota Ternate, SMA Negeri 4 Kota Ternate, dan SMA Negeri 10 Kota Ternate.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pejabat Polda Malut diantaranya  Karo SDM Polda Malut, Kabagdalpers Ro SDM Polda Malut, serta panitia dan pengawas internal.

 

Kepala Biro SDM Polda Malut , Kombes Pol Taovik Ibnu Subarkah,S.I.K dalam arahan singkatnya sebelum tes dimulai menegaskan, seluruh peserta diminta menghindari segala bentuk kecurangan. “ Percaya pada kemampuan diri sendiri,” ujarnya.

 

Pelaksanaan tes psikologi dilakukan dengan prosedur yang telah ditetapkan, diikuti oleh penayangan hasil tes, tanda tangan, dan penyelesaian kegiatan.

 

Sebanyak  203 peserta mengikuti tes psikologi , dengan hasil 99 orang Personel  memenuhi syarat untuk ke tahap selanjutnya terdiri dari 93 Polki dan 6 Polwan, sedangkan 104 orang lainnya tidak memenuhi syarat.

 

Untuk di ketahui, Tes psikologi ini terdiri dari tiga jenis tes, yakni kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja. Jalannya tes diawasi secara ketat oleh pengawas internal Itwasda dan Bidpropam.

 

Hal tersebut dilakukan untuk mengedepankan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis), yang selalu diterapkan dalam setiap seleksi di lingkungan Polri.

Lebih baru Lebih lama